Selasa, 16 Oktober 2012

Tools Bagpacker

Pertama kali jadi Bagpacker saya sering bingung , apa sih yang harus saya bawa di ransel, kadang kita berpikir semua alat dan bahan yang akan dibawa itu penting, tunggu dulu ... ternyata tidak semuanya itu penting, berdasarkan pengalaman bagpacker-an ternyata hanya beberapa saja yang saya gunakan, mungkin ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk membawa bahan dan alat yang wajib dibawa seorang bagpacker. Bawalah maksimal 3 kaos pendek, 1 kaos panjang, 1 celana jeans atau celana PDL, 5 potong pakaian dalam dan 1 buah handuktambahkan sejadah kecil bagi yang muslim , selain buat sholat sajadah juga ampuh digunakan buat kita tidur di mesjid kalo sudah keabisan bekal buat nyewa kamar hotel atau losmen. Tidak perlu terlalu banyak pakaian karena kita bisa mencucinya selama perjalanan. Usahakan membawa pakaian yang ringan dan mudah dicuci. Jangan lupa membawa jaket atau sweater. Selain untuk menghangatkan, jaket juga bisa menjadi bantal untuk tidur. Kalau kita berpergian ke daerah panas, masukkan celana pendek dan baju renang ke dalam daftar barang bawaan. Jika ke daerah dingin, jangan lupa membawa celana panjang ekstra, kaus kaki serta sarung tangan. 

Hindari pakaian dengan warna putih, karena kita akan sering berada di luar. Baju putih lebih mudah terlihat kotor dan kita tentu pasti tidak mau pakaian terlihat dekil. Selain keliatan ga keurus dan kurang elegan (soalnya kita bukan Bule, walaupun dekil tapi tetep keliatan nyentrik), dekil juga akan menyulitkan kita untuk keliatan PD walaupun bawa pasport dan Uang asing banyak.
with my uncle

Untuk kaki, sesuaikan dengan kebutuhan, bawalah sepatu boot dan sendal gunung jika tujuan kita adalah gunung atau mengunjungi beberapa tempat. Jika tujuan anda pantai atau kota, cukup gunakan sepatu kanvas atau sepatu kets selama perjalanan dan sepasang sendal santai untuk berjalan-jalan.
Kantung tidur sangat dianjurkan untuk kita yang akan banyak berkegiatan di luar ruangan. Topi dan kacamata hitam juga jangan dilupakan. Tempatkanlah kacamata dan barang-barang mudah pecah lainnya di tempat dengan penutup keras agar tidak rusak atau pecah terhimpit barang lain. Karena kendaraan masal di indonesia biasanya gak jauh dari pasedeuk (ceuk sunda mah) dan pajeujeul , maklum semua moda massa di kita selalu menomersatukan kuantitas penumpang daripada keselamatan penumpang.
Daftar bawaan selanjutnya adalah botol minum dan alat makan. Benda-benda itu berguna jika kita ingin membawa dan menyimpan makanan atau minuman untuk hari berikutnya. Hal lain yang harus dibawa adalah P3K; obat antiseptik, obat-obatan ringan untuk demam, masuk angin, atau batuk pilek. Pisau lipat dan gunting juga merupakan benda andalan saat perjalanan. Plastik menjadi hal penting yang harus dibawa selanjutnya, baik untuk memisahkan baju kotor atau untuk memisahkan benda cair yang mungkin akan tumpah. apalagi yang suka mabuk perjalanan ... antimo merupakan syarat mutlak ikut dalam perjalanan (iklan dikit nih berdasarkan pengalaman)
Ada beberapa benda lain yang bisa menjadi sahabat kita selama perjalanan, antara lain kamera. Cukupkan membawa kamera saku, karena kamera SLR cukup memakan tempat, kecuali jika kita memang seorang fotografer. Baterai cadangan, benda ini bisa jadi penolong utama di saat kita tidak bisa menemukan listrik.

Belitong Island 
Tas kecil untuk berjalan-jalan di tempat tujuan, buku bacaan yang kita sukai dan MP3 player adalah 3 hal kecil yang akan kita butuhkan nantinya. Apalagi jika kita bapergian sendirian. Oh ya, jangan lupa membawa buku catatan kecil beserta pulpennya ya. kita mungkin akan butuh mencatat alamat atau rute perjalanan kita atau mencatat tempat baru yang menarik untuk dikunjungi. kalaupun ga dipake bisa buat nyatet alamat kenalan baru diperjalanan #uwooo . selamat bagpackeran yah ... salam ransel.

1 komentar: