Rabu, 17 Oktober 2012

Tips Bagpacker

Saya pernah suatu ketika dimasa kuliah pulang setelah liat pengumuman di papan pengumuman kampus bahwa libur dimulai hampir 1 bulan lamanya, dengan muka agak ditekuk saya pulang, sampai dirumah saya mulai berpikir , mau diisi apa liburan selama ini, tanpa di beri perintah , secara otomatis tangan ini meraih Ransel diatas lemari dan mulai mendokumntasikan perlengkapan yang perlu dibawa, setelah lengkap esok paginya tepat jam 5 pagi saya pergi ke stasiun kereta api, disana saya lihat ada beberapa kereta yang masih parkir dilintasanya menunggu jadwal pergi, saya pergi keloket dan melihat tarif karcis paling murah, penjaga loket "mau kemana mas?" , saya "yogya yah mba" , penjaga loket " 11 ribu mas " , saya "kereta apa mba ?" penjaga loket " pasundan mas" , tanpa pikir panjang saya membeli tiket dan mulai masuk kedalam kereta ekonomi jurusan yogya, singkat cerita saya sampai di yogya , dengan berbekal uang 40 ribu waktu itu saya bisa bertahan hidup selama hampir 1 minggu lamanya, dengan sedikit penderitaan yang mengasyikan , setelah sampai di yogya jam 4 sore saya pergi ke malioboro, hingga malam menjelang teman saya belum juga datang menjemput , akhirnya saya memutuskan tidur di mesjid dibelakan mall malioboro , esok paginya sejak subuh hingga malam hari saya memperhatikan jalan malioboro , saya tahu dengan pasti detail kegiatan disepanjang jalan itu sehari penuh , sejak lapak pedagang dibuka hingga mereka kembali pulang ... nekat yah ... karena saya hanya punya 1 teman diyogya dan 1 teman di solo. tips untuk bagpackeran sendiri antara lain :

  1. Hindari membawa uang berlebihan didalam dompet secukupnya saja 
  2. Jangan pernah kehilangan arah , carilah tempat yang mudah dikunjungi dan ramai
  3.  Komunikasi adalah senjata ketika kita bertemu dengan penduduk setempat
  4.  Jangan malu untuk bertanya dan meminta tolong  
  5. Usahakan ada teman minimal 2 didaerah yang kita kunjungi 
  6. Bawa serta kelengkapan tanda pengenal dan telefon penting 
  7. Waspada dengan penampilan kita, karena beberapa daerah memanfaatkan pendatang sebagai objek kejahatan, jadi bersikaplah seolah kita tahu pasti daerahnya dan berbaur dengan masyarakat sekitar 
  8. Jangan pernah meninggalkan Tas bawaan ditempat yang ramai Handphone dan nomer telefon adalah aset ketika kita bagpackeran sendiri 
  9. Cari tahu letak kantor pelayanan masyarakat (kantor polisi, Bank, turis guide dll) 
  10. Perhatikan setiap jalan dan hafalkan patokan jalannya, karena untuk menghafal nama jalan agak sulit kita lakukan. 
  11. Perhatikan bahasa tubuh dan reaksi orang yang kita ajak berinteraksi, pada dasarnya semua orang itu baik, hanya kadang niat buruk suka muncul jika melihat kesempatan mereka untuk berbuat jahat. 
  12. Jangan pernah lupa pepatah "dimana bumi dipijak disana adat dijunjung" artinya bersikap sopan dan ramahlah dengan penduduk setempat karena kita tidak pernah tahu adat istiadat yang mereka pakai. selamat bagpackeran sendiri salam Ransel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar